Wednesday, December 17, 2008

Anggun tapi minim gaya

Kenal gak sama cowo kelahiran Jakarta, 16 September 1949 yang bernama lengkap Christian Rahadi atau Chrismansyah Rahadi? Tapi kalo Chrisye kenal dong ? Yaps, itu orang yang sama.

Gw termasuk salah satu pengagum beliau, pertama kali kenal lagunya di SMA. Awalnya gw kenal lagu-lagunya dari MTV (yes, we're MTV generation). Alesannya apalagi kalo bukan cinta monyet anak SMA, secara gw masih jadi monyet trus om Chrisye jadi pawang topeng monyet yg selalu nyanyiin lagu cinta melow.

Trus pas semasa kuliah semakin menjadi jadi. Gw yg emang demen dengerin lagu lagu jadul macem-nya Morris Albert, Dan Hill, George Benson, Nikka Costa, dll. Digabungin sama akses ke musik bajakan yang tanpa batas. Akhirnya gw semakin tau banyak tentang lagu-lagu Chrisye yang tempoe doeloe dan gw semakin demen aja sama musik musik-nya om Chrisye ini. Sorry yah om, kalo masih suka dengerin musik om Chrisye yg versi MP3.

Menurut gw, lagunya Chrisye tuh, dalem, penuh makna, mellow, easy listening, tapi bukan berarti dia gak bisa menyayikan lagu yang happy lho. Contohnya selama dekade 80-an akhir, dimana pada tahun tahun itu karakter musik cenderung riang dengan banyaknya aksen programming music (musik mesin) tapi tetep easy listening dan enak dibawa bobo.

Chrisye termasuk pemusik yang selalu up-to-date, beliau pernah bilang "Saya berusaha melakukan kerja sama dengan para pencipta lagu, juga dengan mereka yang tengah naik daun, sehingga kita tak ketinggalan trend". Beliau pun menyadari kemampuannya dalam menulis lirik yang tidak terlalu istimewa, karena itu Chrisye selalu menggarap album secara berkolaborasi dengan musisi lain, contohlah Yockie Soerjaprajogo, Eros Djarot, Addie MS, Raidi Noor, Adjie Soetama, Herman Gelly Efendy, Younky Soewarno hingga paling terakhir Erwin Gutawa.

Mungkin karena rasa sadar dirinya dan tidak egois ini kali yah yang membuat Chrisye tetep exist dari akhir 70an sampai 2007. Tapi sebodo teing mau tetep eksis atau enggak, mau masih idup pa kagak, lagu lagu Chrisye akan tetep gw denger sampai nanti.


Ini salah salah satu hits yang kena banged sama gw...

Kisah Cintaku
Dimalam yang sesunyi ini
Aku sendiri
Tiada yang menemani

Akhirnya kini kusadari
Dia telah pergi
Tinggalkan diriku

Akankah semua kan terulang
Kisah cintaku
Yang seperti dulu

Hanya dirimu yang kucinta dan kukenang
Didalam hatiku
Tak 'kan pernah hilang
Bayangan dirimu
Untuk selamanya

Mengapa terjadi
Kepada dirimu
Aku tak percaya kau telah tiada

Haruskah ku pergi
Tinggalkan dunia
Agar aku dapat berjumpa denganmu


Kalo yang ini, gimana yah, kalo gw nyanyiin lagu ini kok rasanya gw jadi sedih yah... don't leave me ya honey, i love u.

Lirih
Kini t'lah kusadari
Dirimu t'lah jauh dari sisi
Ku tahu tak mungkin kembali ku raih
S'mua hanya mimpi

Inginku coba lagi
Mengulang yang pernah terjadi
Tetapi semua sudah tak berarti
Kau telah pergi

Adakah kau mengerti kasih
Rindu hati ini
Tanpa kau disisi

Mungkinkah kaupercaya kasih
Bahwa diri ini
Ingin memiliki lagi

Kusadari kembali
Ternyata semua khayal diri
Kini kutau tak mungkin ada waktu
'tuk mencintaimu lagi

(.rak)

No comments: