Tuesday, December 9, 2008

Oh birokrasi

Sebel banged deh, kenapa setiap hal yang berhubungan dengan birokrasi selalu ruwet, panjang, belibet dan ngeselin.

Yang paling aneh justru birokrasi di kampus gw sendiri (STTTelkom). Cuman mo bikin legalisir aja mosok sampe 3 hari. Procedure-nya ijazah wajib di photo copy menggunakan kertas yang disediakan kampus, itu lho, kertas yang dibelakangnya ada embos nama kampusnya. Masalahnya kalo kertas dari kampus abis gimana ? yang mau legalisir harus nunggu gitu ? sampe kapan ? sampe kertasnya dipesen trus sampe kertasnya dateng gitu ? f@#k off. Belum lagi kalo rektor lagi gak stay di kampus... halooo peka dunk sama kebutuhan konsumen.

Nah kalo birokrasi di kantor pelayanan publik kayaknya udah rahasia umum yah, pokoknya UUD lah. Tapi disini lebih mending dalam hal kecepatan dibandingkan dikampus gw, walaupun akhirnya lu bakal ditodong juga. Semisal bikin surat pengantar kelurahan, lu bakal kena palak Rp. 10.000. Trus kalo mo bikin surat Ak/1 atawa surat pencari kerja alias kartu kuning, lu bakal ditodong Rp. 5.000. Dan kayaknya, masalah palak-memalak di-kantor ini emang udah budaya, soalnya begitu ditanya "kok ada biayanya pak ?" jawabnya simple dan kayaknya udah apal luar kepala "ini biaya ngeprint de". Halaaaah.

Lalu bagaimana dengan lembaga kesehatan semisal RSUD ? wah gw belon punya pengalaman banyak nih kalo urusan rumah sakit. Kalo pengalaman pribadi, biasanya sih oke oke aja, semua biaya ada kuitansi resminya. Tapi gak tau juga yah kalo menggunakan gakin (kartu jaminan keluarga miskin) atau menggunakan jamsostek dan askes. Katanya sih kalo pake gakin, jamsostek atau askes rada ribet gitu (atau malah dipersulit ???). Tapi kalo masalah kesehatan masih dipersulit juga, itu namanya kurang ajiar. "Urusan nyawa kok dipersulit !"

Tapi dua jempol deh buat birokrat di kepolisian. Pasalnya masalah birokrasi dikepolisian, semisal perpanjang STNK dan ngurus SKCK, udah bener bener bersih dari segala pungli dan biaya tak terduga lainnya. Walaupun begitu, didepan gerbang masih banyak juga calo yang bermain. Gw saranin ngurus aja sendiri, gak lama, gak repot dan gak belibet kok. Tapi kok petugas-nya kurang ramah yah, apa karena gak dikasih jatah... xexexexe, ikhlas yah pak, inget slogannya polisi yang Melindungi dan Melayani.

Bravo reformasi kepolisian, lembaga lainnya kapan nih ? terutama kampus gw tercinta... (.rak)

2 comments:

vanma said...

menurutku birokrasi & kebijakan stt masih jauh lebih bagus loh daripada beberapa kampus2 laen yang aku tau. Taunya seh dari nanya2 sama temen.
3 hal dari postingan kamu yang aku rasa stt jauh lebih baik :
1. soal legalisir. Setau aku peraturan pake kertas dari stt itu untuk menghindari pemalsuan legalisir ijazah (baca: pak imam pernah bilang ada kasus anak stt yang malsuin legalisir ijazah),cukup beralasan menurutku, dan layanannya cukup cepat loh , pagi legalisir siangnya bisa diambil (baca: asal kamu legalisir bukan dalam durasi beberapa hari setelah wisuda, kalo itu bakalan lama berhubung orangnya buanyak)
2. legalisir wajar dikenakan biaya yang perlembarnya Rp 250, legalisirnya lebih menunjukkan originalitas, dan emang wajarkan "ada biaya kertas"? di kampus laen seperti widyatama malah bayar hanya untuk "biaya legalisir yang notabene cuma cap stempel doang", kertasnya dari mahasiswanya sendiri loh, duit bayarannya itu cuma untuk biaya capek orang rektoratnya aja :))
3. penerimaan ijazah & transkrip paling lama diberikan sewaktu hari wisuda kamus sendiri, yah selama kamu memenuhi semua persyaratan pengambilan ijzah tentunya (contoh: toefl yang sering banget gak dilengkapi sama anak stt). Kalo di kampus lain seperti unpad or widyatama, kamu bakalan nunggu beberapa minggu or bulan lagi untuk mendapatkan ijazah & transkrip kamu, itupun setelah kamu wisuda.

:)

Unknown said...

Kalo legalisir-nya ke ka BAA bisa pagi sore, tapi kalo yang ttd macem Rektor or Dekan ampun dah. Lama abizzz